Purple Lightning Guitar Pick

Jumat, 30 Maret 2018

10 ILMUWAN INDONESIA


1. Profesor B.J. Habibie
Related image 
Inilah ilmuwan asal Indonesia yang paling dikenal di dunia. Orang yang pernah menjabat presiden RI ternyata seorang jenius yang menemukan teori Crack yang berguna untuk mengetes kualitas pesawat terbang. Dialah juga yang berhasil menciptakan pesawat terbang sendiri. Pesawat ciptaan B.J. Habibie tersebut berjenis CN-235 dan N-250. Pesawat terkenal yang diproduksi oleh Eropa yang berjenis A-300 pun itu tak luput dari sentuhan ilmuwan jenius ini. Berkat kejeniusannya tersebut B.J. Habibie diberi julukan bapak teknologi dan demokrasi Indonesia.

2. Profesor Sedyatmo

Image result for Profesor Sedyatmo 
Ilmuwan asal Indonesia ini dikenal oleh dunia berkat termuannya yang bernama pondasi cakar ayam. Penemuannya tersebut sangat berguna bagi pembangunan gedung-gedung di Indonesia. Adalah Banda Udara Juanda yang menggunakan pondasi cakar ayam temuan ilmuwan Indonesia ini. Selain di Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga turut menggunakan pondasi cakar ayam ini yakni Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Belgia, Kanada, Amerika, dan Belanda.

3. Profesor Mezak Arnold Ratag

Image result for . Profesor Mezak Arnold Ratag 
Seorang ilmuwan yang bekerja sebagai direktur biro meteorologi bahasa Indonesia, klimatologi, dan geofisika ini memiliki karya yang sangat dihargai oleh di dunia. Karyanya pada Planetary Nebula membuat International Astonomical Union memberikannya pujian. Dunia internasional mengatakan bahwa temuan profesor Mezak merupakan salah satu langkah besar yang berguna bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Namanyapun diabadikan ke dalam 120 Planetary Nebula Cluster termasuk Ratag-Ziljstra-Pottasch-Menzies dan Ratag-Pottasch cluster yang dirinya bantu temukan.

4. Dr. Johny Setiawan

 Related image
Indonesia patut berbangga karena putra bangsanya ada yang berhasil menjadi ilmuwan yang dikenal oleh dunia. Pria inilah yang berhasil menemukan sebuah planet baru yang diberi nama HIP 13044b. Berprofesi sebagai seorang astronom, Johny Setiawan adalah lulusan doktor termuda di salah satu universitas terkenal di Jerman, Albert Ludwigs University of Freiburg. Sebagai lulusan termuda dan juga berkebangsaan Indonesia, Johny berhasil menjadi ketua tim dari sebuah proyek MAx Planck Institute for Astronomy pada tahun 2003 di Jerman. 

5. Dr. Yogi Ahmad Erlangga

 Related image
Pria asal Indonesia yang menimba ilmu di Delft University of Technology, Belanda ini meraih gelar doktornya di usianya yang 31 tahun. Berkat kejeniusannya di bidang matematika, dirinya sampai dinobatkan sebagai doktor matematika terapan. NAmun bukan hal tersebut yang membuatnya dikenal oleh dunia. Yogi Ahmad Erlangga adalah orang yang berhasil memecahkan persamaan Herlmholtz. Keberhasilannya memecahkan persamaan Herlmholtz membuat pencarian minyak bumi menjadi jauh lebih mudah. 

6. Dr. Warsito 

 Related image
Pria dengan nama panjang Warsito Purwo Taruno ini merupakan ilmuwan Indonesia yang terkenal melalui temuannya berupa alat pemindai (ECVT) 4 dimensi. Pria yang menempuh pendidikan S1-S3 di Shizuoka University, Jepang adalah seorang ketua Masyarakat Ilmuwan Teknolog Indonesia dan ketua dewan penasehat Institute for Science and Technology Studies. Temuan alat pemindai 4 dimensi ini digunakan untuk melakukan pemindaian pada dinding pesawat ulang-alik.

7. Josaphat T.S . Sumantyo

 Image result for Josaphat T.S . Sumantyo
Pria inilah yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan dari Chiba University berkat dedikasinya di bidang antena, sensor, dan radar. Selain banyak mendapat penghargaan, ratusan paten ilmuwan asal Indonesia ini juga tersebar di beberapa negara di dunia. Salah satunya yang banyak digunakan adalah penemuan radar 3 dimensi. RAdar 3 dimensi miliknya sering digunakan untuk memprediksi cuaca. Radar ini sangat membantu dalam mengirimkan informasi untuk navigasi pesawat.

8. Dr. Eng Eniya Listiani Dewi



 Image result for Dr. Eng Eniya Listiani Dewi
Tidak hanya ilmuwan pria saja yang berhasil terkenal di dunia, namun ternyata ada juga ilmuwan perempuan yang namanya juga terkenal di dunia yakni Eng Eniya Listiani Dewi. Perempuan ini merupakan seorang peneliti di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Listiani Dewi menempuh pendidikan S1 sampai S3 di Waseda University, Jepang dengan memilih kimia sebagai bidang studi yang dipelajarinya. Listiani Dewi inilah yang menemukan sel bahan bakar baru yang menggunakan bahan Vanadium. Berkat temuannya tersebut dirinya mendapat penghargaan Mizuno Award dan Koukenkai Award dari universitasnya pada tahun 2003.

9. Dr. Eng Khoirul Anwar

 Image result for Dr. Eng Khoirul Anwar
Kemajuan teknologi di era saat ini memunculkan banyak peneliti dan ilmuwan yang ingin melakukan perubahan di bidang ini. Salah satu ilmuwan di bidang teknologi yang terkenal adalah Dr. Eng Khoirul Anwar. Dirinya yang merupakan alumni ITB bersama dengan rekannya berhasil menemukan teknologi baru baru yakni sistem telekomunikasi 4G berbasis  OFDM. Teknologi temuannya ini berhasil meningkatkan kecepatan transmisi data. Dengan temuannya itu berhasil membuat dirinya dikagumi oleh dunia.

10. Dr. Jow Hin Tjio

 Related image

Dulu dunia masih mempercayai bahwa kormosom manusia berjumlah 24 buah, namun akhirnya hal tersebut berhasil diubah oleh seorang ilmuwan asal Indonesia bernama Dr. Jow Hin Tjio. Jow Hin TJio yang merupakan ahli Cytogenetics berhasil menemukan fakta bahwa jumlah kromosom manusia bukanlah berjumlah 24 melainkan 23. Temuan itu ditemukan olehnya setelah berhasil menghitung kemudian memisahkan kromosom manusia menggunakan preparat gelas yang dikembangkan oleh Dr. T.C. Hsu asal Texas University, Amerika. 

0 komentar:

Posting Komentar