Purple Lightning Guitar Pick

Senin, 12 Maret 2018

WANITA AHLI MATEMATIKA YANG PERTAMA

Image result for hypatia

Hypatia merupakan wanita yang berasal dari Alexandria,lahir antara 350 dan 370 dan meninggal maret 415 yang diketahui sebagai wanita pertama ahli matematika. Hypatia adalah seorang ahli filsafat, ilmuwan dan cendekiawan. Ibunya meninggal sejak ia masih bayi.Dia hanya dibesarkan oleh bapaknya Theon . Sebagai seorang professor matematika universitas, ayahnya ini mengawasi tiap-tiap aspek pendidikan Hypatia anaknya.
Related image
HYPATIA OF ALEXANDRIA
          Di bawah perwaliannya, Hypatia belajar matematika, ilmu pengetahuan, seni, filosofi dan kesusasteraan, serta juga diketahui mulai mengerjakan pekerjaan rutin sehari-hari yang membutuhkan tenaga yang semuanya merupakan bagian dari latihan yang diberikan ayahnya.Diketahui bahwa setelah menghadiri suatu sekolahdi Athena yang diajarkan oleh Plutarch (46-120 M), Hypatia kembali ke Alexandria dan menjadi seorang guru besar di universitas, di mana Beliau dikatakan telah menduduki kursi dari filosofi platonik. 
          Kemudian Hypatia dipertimbangkan sebagai salah satu dari orang yang paling bijaksana yang pendapatnya sangat dihormati, hal tersebut membuat pelajar dari berbagai Negara tertarik ke Alexandria untuk mendengarkan ceramah kulia tentang matematika yang diilhaminya dan untuk belajar dengannya.
Hypatia berasal dari tulisannya kepada muridnya yang bernama Synesius Cyrene di Yunani, yang selanjutnya menjadi Uskup Ptolemais pada tahun 411. Pada waktu itu Hypatia mengusulkan bahwa Synesius mengukur posisi bintang dan planet dengan suatu astrolabe dan suatu planisphere, instrument astronomi yang telah dirancang. Hypatia diketahui mempertahankan tradisi agamaYunani meskipun agama Kristen telah mendominasi di Alexandria, yakni telah menjadi korban dari perjuangan kekuasaan antara temannya Orestes, kepala daerah Roma yang berasal dari Mesir, dan Cyrill, kepala keluarga Kristen Alexandria yang melakukan suatu penghapusan apa yang ia pandang sebagai suatu kepercayaan religious bid’ah.Disemangatkan oleh Cyrill, suatu sekelompok rakyat banyak menculik dan membunuh Hypatia pada 415 M. Beberapa sejarawan memandang kematian seorang Hypatia sebagai tanda berakhirnya suatu era keemasan matematika Yunani. 200 tahun kemudian, Alexandria dibinasakan oleh Arab, yang menjadi akhir seribu tahun tradisi Negara tentang seni akademis Universitas di Alexandria. Pada zamannya Hypatia termasuk wanita yang mampu membuat sejarah di dunia.
v  Pekerjaan utamanya adalah:
1. Menulis suatu komentar pada volume ke-13 dari buku teks Matematika Yunani yang terkenal yaitu "Artihmetica".
2. Dia mengubah Ptolemy dari versi terkenalnya "Almagest".
3. Dia mengubah komentar ayahnya pada "Euclid's Elements"atau "Elemen Euclid".
4. Ia juga membuat komentar pada sebuah pekerjaan terkenal yaitu Conics yang dibuat oleh "Apollonius".

0 komentar:

Posting Komentar